Definisi Metode dan Model Pembelajaran

dunia-q.com - Dunia Pendidikan 


Belajar dan Pembelajaran, Mengenal Metode dan Model Pembelajaran Yang Harus Diketahui Para Guru Dalam Mengajar



apa itu belajar
www.dunia-q.com  - Belajar Dan Pembelajaran






Sahabat dunia-q.com Sebelum kita ke pokok bahasan, Kita Samakan Dulu Persepsi Tentang Pendidikan, Belajar untuk mengajar.


Salah satu tujuan terpenting pendidikan adalah belajar bagaimana belajar 
(Luis Alberto Machado, Ph.D. ---> dalam Creating The Future)





Ada pula ungkapan Seorang Filosopher KHONG FU TSE
Yang Saya Dengar, Maka Saya Lupa.
Yang Saya Lihat, Maka Saya Ingat.
Yang Saya Lakukan, Maka Saya Mengerti/Memahami


Sahabat dunia-q.com, Dalam Belajar Dan Membelajarkan selalu Berkaitan Erat Dengan :

What (apa)
Who (siapa)
When (kapan)
Why (mengapa)
Where (dimana)
How (bagaimana)


Kompleksitas Belajar Dan Pembelajaran

Pengaruh Budaya
Pengaruh Sejarah
Hambatan Praktis
Karakteristik Guru Sebagai Pembelajar
Karakteristik Siswa
Proses Belajar



KOMPETENSI YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG GURU

KOMPETENSI PEDAGOGIK
KOMPETENSI KEPRIBADIAN
KOMPTENSI SOSIAL
KOMPETENSI PROFESIONAL


A. KOMPETENSI PEDAGOGIK MELIPUTI :

Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan
Pemahaman terhadap peserta didik
Pengembangan kurikulum / silabus
Perancangan pembelajaran
Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis
Pemanfaatan teknologi pembelajaran
Evaluasi hasil belajar
Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.


B. KOMPETENSI KEPRIBADIAN MELIPUTI :
Mantap
Stabil
Dewasa
Arif
Berwibawa
Menjadi teladan bagi peserta didik
Berakhlaq mulia


C. KOMPETENSI SOSIAL MELIPUTI :

Berkomunikasi secara lisan, tulisan, dan isyarat
Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional
Bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik.
Bergaul secara santun dengan masya-rakat sekitar.


D. KOMPETENSI PROFESIONAL MELIPUTI :

1. Landasan-landasan pendidikan meliputi : fisiologis, psikologis, ideologis, metodo-logis, dan sosiologis, untuk memahami peserta didik.

2. Teori dan aplikasi praktis dari materi ajar atau bidang studi yang menjadi tanggung-jawabnya.

3. Teori dan aplikasi praktis manajemen dan teknologi pendidikan modern dan relevan yang dibutuhkan bagi KBP.



PRINSIP-PRINSIP DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

- PEMBELAJARAN ADALAH MEMOTIVASI DAN MEMBE-RIKAN FASILITAS KEPADA    SISWA

- PEPATAH KHONG FU TSU : “Saya dengar, maka saya lupa; Saya lihat, maka saya ingat, dan saya lakukan, maka saya paham”.

- SEMAKIN BANYAK ALAT DRIA ATAU INDRA DIAK-TIFKAN DALAM BEL.&PEMBEL. SEMAKIN BANYAK INFORMASI TERSERAP.

- BELAJAR DALAM BANYAK HAL ADALAH MERUPAKAN SUATU PENGALAMAN 

- MATERI AKAN LEBIH MUDAH DIKUASAI APABILA SISWA TERLIBAT SECARA EMOSIONAL DALAM KEGI ATAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.

- BELAJAR DIPENGARUHI OLEH MOTIVASI BAIK DARI DALAM (INTRINSIK) MAUPUN LUAR (EKTRINSIK).

- SEMUA MANUSIA TERMASUK SISWA INGIN DIHARGAI DAN DIPUJI.

- SETIAP OTAK MANUSIA ADALAH UNIK, OLEH KARENANYA SETIAP SISWA MEMI-LIKI KESAMAAN DAN PERBEDAAN UNTUK MEMAHAMI PELAJARAN 

- OTAK AKAN LEBIH MUDAH MEREKAM IN-PUT JIKA DALAM KEADAAN SANTAI ATAU RILEKS DIBANDING DALAM KEDAAN TE-GANG.


KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DAN FUNGSINYA

To tell atau Menjelaskan
To sell atau Menjual Gagasan
To learn atau Belajar
To decide atau memutuskan


JENIS-JENIS KOMUNIKASI :

Komunikasi Verbal
Komunikasi Non-Verbal
Komunikasi Antar Pribadi
Komunikasi Intrapribadi
Komunikasi Organisasi
Komunikasi Antar Budaya


MEDIA PEMBELAJARAN DAN MANFAATNYA

Penyampaian materi dapat diseragamkan
Proses instruksional lebih menarik
Proses belajar lebih interaktif
Jumlah waktu pembelajaran dapat dikurangi
Kualitas belajar dapat ditingkatkan
Proses belajar dapat terjadi kapan dan dimana saja
Meningkatkan sikap positif siswa terhadap proses dan bahan ajar
Peran pembelajar dapat berubah ke arah positif dan produktif.


KRITERIA MEDIA BELAJAR DAN PEMBELAJARAN YANG BAIK

Media menyajikan informasi yang sesuai dengan tujuan dan materi
Sesuai dengan karakteristik kelas terma-suk jumlah siswa
Sesuai dengan kegiatan belajar dan pem-belajaran yang dirancang
Sesuai dengan tempat penyelenggaraan belajar dan pembelajaran
Memuat informasi yang dapat memicu terjadinya proses pembelajaran interaktif
Tampilan sederhana dan singkat tetapi memperjelas pemahaman bukan sebaliknya.
Sebaiknya dapat dioperasikan sendiri oleh guru atau tenaga operator.
Didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana.
Biaya yang diperlukan untuk penga-daan dan pengoperasian serta pera-watan masih dalam skema kemam-puan anggaran sekolah


PENCIPTAAN PEMBELAJARAN KREATIF DAN MENYENANGKAN

Menggunakan ketrampilan bertanya
Memberikan penguatan
Melakukan variasi pembelajaran
Menjelaskan dengan bahasa siswa
Membuka dan menutup pelajaran
Membimbing diskusi kelompok
Mengelola kelas secara baik
Mengajar kelompok kecil dan perorangan



BEBERAPA CIRI GURU KREATIF

Guru kreatif yaitu guru yang selalu bertanya pada diri sendiri tentang :

Apakah saya sudah menjadi guru yang baik ?
Apakah saya sudah mendidik dengan benar ?
Apakah anak didik saya mengerti pelajaran yang saya sampaikan ?
Ia selalu melakukan introspeksi diri
Ia selalu merasa kurang dalam proses pembelajarannya
Ia tidak pernah puas dengan apa yang telah ia lakukan
Selalu ada inovasi baru yang ia ciptakan dalam proses pembelajaran
Ia selalu memperbaiki proses pembelajarannya melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Ia selalu belajar sesuatu yang baru
Ia merasa tertarik untuk memperbaiki cara mengajarnya.


10 LANGKAH MENJADI GURU IDEAL DAN INOVATIF

Menguasai materi pelajaran secara mendalam
Mempunyai wawasan yang luas
Komunikatif
Dialogis
Menggabungkan teori dan praktek
Bertahap
Memiliki variasi pendekatan
Tidak memalingkan materi
Tidak terlalu menekan dan memaksa
Humoris tapi serius


GURU IDEAL ADALAH GURU YANG MEMILIKI 5 KECERDASAN

Kecerdasan intelektual
Kecerdasan moral
Kecerdasan sosial
Kecerdasan emosional
Kecerdasan motorik


UPAYA BELAJAR MENYENANGKAN (Joyfull Learning)

Ciptakan lingkungan tanpa stres (relaks)
Menjamin bahwa subyek pelajaran adalah relevan
Menjamin bahwa belajar secara emosional adalah positif
Melibatkan secara sadar semua indera dan juga pikiran otak kiri dan kanan
Menantang otak Anda untuk dapat berpikir jauh ke depan dan mengekplorasi yang se dang dipelajari.
Mengkonsolidasikan bahan yang telah di-pelajari dengan meninjau ulang.




TEORI KECERDASAN GANDA (Howard Gardner)

Kecerdasan verbal linguistik
Kecerdasan logis matematis
Kecerdasan visual – spasial
Kecerdasan kinestetik – tubuh
Kecerdasan musikal
Kecerdasan interpersonal
Kecerdasan intrapersonal
Kecerdasan naturalis
Kecerdasan spiritual
Kecerdasan eksistensial


TINGKAT PENYERAPAN DALAM BELAJAR

20 % DARI YANG KITA BACA
30 % DARI YANG KITA DENGAR
40 % DARI YANG KITA LIHAT
50 % DARI YANG KITA KATAKAN
60 % DARI YANG KITA KERJAKAN
90 % DARI YANG KITA LIHAT, KITA DENGAR, KITA KATAKAN DAN SEKALIGUS KITA KERJAKAN


Demikian yang dapat disampaikan mengenai Belajar dan Pembelajaran, dalam Mengenal Metode dan Model Pembelajaran Yang Harus Diketahui Para Guru Dalam Mengajar, Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin

#Jangan Lupa Di Share